Sabtu, 07 April 2018

Kelebihan dan kekurangan registrasi penduduk

Sensus penduduk adalah keseluruhan proses pengumpulan, penyusunan, pengolahan, dan penerbitan data yang bersifat demografis, ekonomis, dan sosial dari suatu wilayah atau negara tertentu dan dalam waktu tertentu.  Sensus penduduk dilakukan dalam jangka waktu 5 atau 10 tahun. Di Indonesia, sensus penduduk dilakukan setiap 10 tahun.

Keunggulan:
a.       Dianggap paling akurat
b.      Lengkap cakupannya
c.       Terbebas dari pengaruh kesalahan sampel (sampling error)
d.      Dapat digunakan sebagai dasar perencanaan
e.       Dapat digunakan sebagai sampling frame untuk survai lain.
Kelemahan
a.       Biaya sangat mahal (menyeluruh)
b.      Sensus penduduk periode 10 tahunan, kemungkinan setelah beberapa tahun sudah banyak perubahan; kelemahan umur, tanggal.pernikahan, kapan melahirkan
c.       Sering terjadi content error, kesalahan dalam pencacahan dan jawaban responden
d.      Kemungkinan tidak semua tercacah.
Terdapat dua jenis sensus, yaitu sensus de jure dan de facto. Sensus de jure adalah pencatatan penduduk yang didasarkan atas bukti hukum yang dimiliki penduduk berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK). Adapun sensus de facto adalah pencatatan penduduk yang didasarkan pada setiap orang yang ada dan berhasil ditemui petugas di suatu daerah, walaupun mungkin orang tersebut bukan penduduk daerah yang bersangkutan.
 
Registrasi penduduk.
adalah suatu kegiatan pencatatan mengenai kelahiran hidup, kelahiran mati, kematian, perkawinan, perceraian, adopsi, termasuk pengakuan pengesahan, pembatasan, dan pemisahan yang dilakukan secara terus-menerus dan kerkesinambungan ( PBB 1955) Istilah Registrasi digunakan karena registrasi ini berfokus pada kejadian sejak orang lahir dan menjadi anggota suatu komunitas, sampai meninggal, serta semua perubahan status yang dialami antara keduanya seperti menikah dan bercerai.   
Kelemahan :
1.       Pendaftaran penduduk de jure.
  1. Informasi yang disajikan sedikit.
  2. sangat tergantung sistem, petugas, kesadaran masyarakat.
  3. kelengkapan dan kecermatan data tergantung konsistensi dan kontinyuitas pencatatan.
Kelebihan:
1.       Dapat diketahui perubahan penduduk setiap waktu.
2.       Biaya lebih murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar