Jumat, 06 April 2018

Metode sensus yang digunakan oleh negara maju adalah

Sensus penduduk adalah pencatatan seluruh penduduk secara serentak Untuk mengetahui jumlah penduduk, persebaran penduduk dan karakteristik penduduk. Sensus penduduk dilaksanakan oleh BPS ( badan pusat statistik ) setiap 10 tahun sekali. 

      Sensus memiliki 3 dimensi yaitu :
1. Pencatatan menyeluruh terhadap semua orang. 
2. Dilaksanakan pada jangka waktu tertentu. 
3. Mencakup waktu wilayah tertentu. 


   Macam-macam sensus penduduk ada 2 yaitu : 
1. Sensus De jure, adalah pencatatan yang dilakukan terhadap penduduk yang bertempat tinggal di daerah tertentu. 
2. Sensus De fecto, adalah pencatatan yang dilakukan terhadap penduduk yang tinggal di daerah tertentu. 

 Metode sensus penduduk ada 2 yaitu : 
1. Canvesser, dengan cara petugas mencatat identitas dan mengisi daftar pertanyaan sesuai dengan jawaban yang di peroleh dari penduduk.  Metode ini lebih sesuai di gunakan oleh negara berkembang seperti indonesia karena kebanyakan peduduk negara berkembang sering di rumah sehingga mempunyai waktu untuk menerima petugas sensus sebagai tamu dan tidak semua penduduknya bisa membaca atau menulis jadi metode ini lebih sesuai karena hanya menjawab pertanyaan dari petugas sensus. 
2. House holder, dengan cara petugas sensus memberikan daftarr isian kepada tiap tiap kepala keluarga untuk di isi data kependudukannya. Metode ini sesuai untuk negara maju karena jika menggunakan metode Canvesser dianggap menganggu karena penduduk negara maju selalu sibuk dengan pekerjaan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar