Sabtu, 07 April 2018

Sensus de facto

Sensus De Facto yaitu penghitungan/pencacahan terhadap setiap penduduk yang berada di suatu wilayah ketika sensus dilaksanakan. Artinya setiap orang yang berada di tempat sensus diadakan ikut tercatat, meskipun mereka bukan bukan penduduk yang berdomisili di daerah yang sedang dilakukan sensus. Misalnya kamu bertamu ke rumah teman dan di situ sedang dilakukan sensus, maka kamu juga ikut terhitung. 

sensus de facto adalah salah satu metode sensus penduduk, pada metode ini, petugas sensus akan mencatat setiap orang yang dijumpai di wilayah tugasnya tanpa harus membedakan tempat tinggal sebenarnya dari penduduk yang dihitung. pelaksanaan sensus ini lebih mudah, sederhana, dan tugas pencacahannya lebih ringan. kelemahan metode ini adalah data penduduk dapat dipengaruhi oleh arus wisatawan, pedagang keliling, dan perhitungan berulang terhadap orang yang berpindah-pindah tempat.

Sensus de facto adalah pencacahan penduduk yg dilakukan kpd stiap org yg berada di wilayah atau negara tersebut pada waktu dilakukan sensus penduduk.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar